MUSRENBANGDes PENYUSUNAN RKPDes TAHUN 2024

  • Nov 02, 2023
  • Desa Surodadi
  • BERITA, PEMERINTAHAN, PEMBANGUNAN

Surodadi, Selasa 26 September 2023

Berlangsung kegiatan MUSRENBANGDes Penyusunan RKPDes Tahun 2024 di Desa Surodadi Kec. Gringsing Kab. Batang. Dalam kegaitan tersebut dihadiri oleh MUSPIKA Kecamatan Gringsing, Pendamping Desa, Lembaga Desa, Toga, dan Tomas Desa Surodadi, kegiatan berjalan lancar untuk perencanaan di tahun 2024 mendatang.

 

                                                                          NOTULENSI

 

Agenda Kegiatan :  Musrenbang Desa RKP Desa Tahun 2024

Hari dan Tanggal  :  26 September 2023

Jam                          :  19.30 WIB s/d selesai

 

Notulen:

 

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (MUSRENBANGDes) TAHUN ANGGARAN 2024

Susunan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes) Desa Surodadi Kec. Gringsing Kab. Batang.

  1. Pembukaan

Acara dibuka oleh MC dengan pembacaan Bissmillahirohmanirrohim bersama-sama para peserta Musrenbangdes.

  1. menyanyikan lagu “INDONESIA RAYA”
  2. Do’a
  3. Sambutan - sambutan

a. Kepala Desa Surodadi (Bapak Muhlisin)

Mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh tamu undangan. Selanjutnya menyampaikan bahwasanya Kegiatan Pembangunan Desa Surodadi pada tahun 2023 terutama sumber anggaran yang berasal dari DD sudah memasuki Tahap 3, dan untuk pemaparan usulan-usulan prioritas Tahun 2024 nantinya akan disampaikan oleh Bapak Sekdes ataupun ketua Tim Penyusun  RKPDes Tahun 2024.

b. Camat Gringsing (Bapak Adhi Bhaskoro,S.STP.M.Si  )

Bapak Camat Gringsing menyampaikan Rancangan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 diantaranya yaitu :

  1. Prioritas penggunaan Dana Desa untuk bidang Pembangunan dan Pemberdayaan meliputi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa, Peningkatan Kualitas Hidup Manusia dan Penanggulangan Kemiskinan.
  2. Fokus Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 yaitu berupa kegiatan yang menjadi focus pemerintah di tahun anggaran berjalan yang meliputi Dana Desa untuk Oprasional Pemerintah Desa, BLT Dana Desa untuk pengentasan kemiskinan ekstream dan  Ketahanan Pangan.
  3. Bapak Camat Gringsing juga menegaskan pentingnya prioritas yaitu tentang Penanganan dan Pencegahan Stunting yang ada di Desa dan Pelatihan ketrampilan dalam pemberdayaan masyarakat dan Pengembangan BUMDESA dalam menciptakan kemandirian desa.

 

c. Koramil Gringsing (yang di wakili oleh Bapak Peltu M. Jaeni)

Sangat mengapresiasi desa dalam transparasi dan keterbukaan informasi publik pelaksanaan perencanaan desa untuk menjadikan desa lebih baik dan penyajian informasi kepada masyarakat luas yang terbuka dan transparan.

d. Kapolsek Gringsing (yang diwakili oleh Bapak Bripka Catur AW S.H)

  • Dalam kegiatan pembangunan desa harus bersama-sama dalam pengawasannya baik itu dari masyarakat ataupun kepolisian ataupun unsur lain yang ada untuk menjadikan pembangunan desa lebih maksimal, maju dan keamanan desa lebih kondusif dan ketertiban kamtibmas bias terjaga.

e. Ketua Tim Penyusun RKPDes/ Sekdes Surodadi (Bapak Solikhin)

Ketua Tim Penyusun RKPDes memaparkan dan menyampaikan kegiatan dalam RKPDes tahun 2024 yaitu usulan-usulan dari musdus ataupun musdes yang akan masuk dalam RKPDes tahun 2024 dan juga usulan-usulan prioritas penyelenggaraan pemerintah desa pembangunan, pemberdayaan maupun pembinaan yang akan menjadi prioritas di tahun 2024. Selain itu juga disampaiakan kegiatan pembangunan di tahun 2023 yang sudah terealisasi maupun yang belum terealisasi.

 

5. Penutup

Musyawarah perencanaan pembangunan desa Surodadi ditutup dengan pembacaan hamdalah oleh pimpinan musyawarah dan seluruh peserta musyawarah perencanaan pembangunan desa.